FACEBOOK : Add as Friend or Add as Enemy?

Fenomena Facebook sungguh begitu menggelegar bak gemuruh perang yang menggoncang dunia. Bagaimana tidak? Pepatah baru telah muncul, “Ga’ Pakai Facebook, Ga Gaul”. Tentunya hal ini mengundang seluruh umat untuk berbondong-bondong menggunakan situs jejaring sosial ini.

Akan tetapi, tahukah kau kawan? Jika kau pengguna Facebook, maka tentu saja kau tak menemukan bagaimana cara Add Enemy di situs ini. Yang ada hanyalah Add Friend. Atau Confirm as Friend, bukan Confirm as Enemy. Perlu kita pahami bersama bahwa visi dan misi pembuat situs ini memanglah untuk menambah teman, baik yang sudah dikenal, teman lama yang lama tidak bertemu, atau bahkan teman yang hanya dikenal lewat Facebook saja (belum pernah bertemu langsung).

Lalu, apa hubungannya dengan kata-kata Add as Enemy? Hati-hati kawan, karena tanpa sadar, bisa jadi kau telah melakukan usaha untuk ‘memunculkan’ fasilitas Add as Enemy ini di Facebook, yang padahal tidak pernah ada sebelumnya. Bahkan kau korek seluruh menu-menu yang ada di Facebook, tidak ada fasilitas ini. Misal, ada profil seseorang, lalu Facebook memfasilitasi menu Add as Friend dengan alternatif Add as Enemy. Sebenarnya bukan mustahil untuk memunculkan fasilitas ini. Bagaimana caranya? Mari kita simak lebih lanjut lagi.

Segala bentuk posting-an di Facebook, baik itu berupa update status, foto, note, video, dan lain sebagainya, difasilitasi oleh Facebook untuk diberikan comment dari orang-orang yang melihat, membaca, termasuk orang yang di-tag. Namun kawan, jika kau tidak hati-hati fasilitas Add as Enemy akan muncul di panel yang tersembunyi. Yaitu ketika kau memberikan comment yang berupa cacian berlebihan, bercanda yang kelewatan, kritikan yang menjatuhkan, atau bahkan TIDAK memberikan COMMENT.

Ya, panel fasilitas Add as Enemy akan muncul di HATI seseorang yang memposting. Comment adalah bentuk rasa cintamu pada temanmu yang kau beri comment padanya. Comment juga membuktikan bahwa kau peduli pada orang yang memposting, serta merupakan bentuk RASA MENGHARGAI postingan dari temanmu tersebut. Walaupun kau hanya SATU MENIT membuka Facebook, sempatkanlah untuk memberi support pada temanmu. Bentuk yang paling sederhana adalah dengan memberikan jempol sebagai pengganti atas ketidaksempatanmu memberikan comment, padahal kau menyukai postingan tersebut. Atau jika kau ingin memberikan kritikan atau teguran dari postingan temanmu, jangan gunakan fasilitas Comment, tapi fasilitas Message di Facebook. Biarkan temanmu membaca comment-mu tanpa harus dipermalukan di depan umum. Maka, jika kau SALAH MENAFSIRKAN postingan yang ada dari teman-temanmu di Facebook, tidak dapat dihindari bahwa Add as Enemy akan diberikan padamu secara tersirat.

Intinya adalah satu, bagaimana Facebook ini menjadi sarana bagimu untuk mempererat hubungan pertemananmu meski kau terpisah karena jarak, waktu, maupun karena KESIBUKANMU. Jadi manfaatkanlah Facebook untuk menjaga hubungan pertemanan kalian. Jika di Facebook kalian tidak bisa menjaga pertemanan kalian dengan baik, maka sudah bisa dipastikan di dunia nyata KALIAN TIDAK BISA berteman baik pula dengan Friend List yang ada di Facebook kalian.

Yuk, kita ber-Facebook dengan baik!

—-

Mei 2010

(Farhan Hans belajar nulis non-fiksi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s