Virus New Heur level (9), 0xc0000005 (Corel X5#Avast), dan Office 2007

Ane pengen istighfar dulu (astaghfirullah hal adzim….)

Jadi begini nih ceritanya. Beberapa hari ini ane disibukkan (padahal uda sibuk) dengan ulah malapetaka awal tahun 2011.

1. New Heur level (9)

Yang pertama adalah virus blekok yang ternyata telah bertengger lama di kawanan file-file .exe di kompi kantor ane, dan juga (lagi-lagi ternyata) di lepi ane. (Ane ternyata peternak virus gan, ini gara-gara PD banget cuma pasang SMADAV di pos satpam, tahu rasa deh sekarang). T_T. Nangis dah tuh ane sampe sempoyongan sama tuh virus. Dan seenaknya pula mereka arisan rame-rame di (hampir) semua file .exe yang ada di disk C, maupun di Disk yang lain. Akibatnya, windows lemot, file-file .exe rusak, dan beberapa kasus yang sudah kronis menyampaikan bahwa task manager sampe safe mode tidak bisa dijalankan. Alhamdulillah ane belum ngalamin yang separah itu.

Nah, virus ini dikasih nama terlalu bagus sama SMADAV, yaitu New Heur level (9). Sehingga untuk kali ini ane lebih sepakat sama antivirus bule besutan AVG dan Avast yang sama-sama kasih nama Win32.Sality. (tapi berhubung ane cinta Indonesia gan, jadi ane interest ke SMADAV untuk judul artikel ini)

Ternyata virus ini, selain yang tentunya menjengkelkan, doski terkenal banget gan! Terbukti ketika ane search di Sultan Google-kubuwono, sudah ada banyak artikel maupun forum-forum di dunia digital yang membahasnya. Mereka kebanyakan telah merasakan blekoknya virus ini. Banyak yang membahasnya terkait cara-cara pemusnahan mulai dari pake obat generik sampe yang lebih kejem pake sinar laser rasa melon ijo. Lho? Kita lagi ngomongin apa sih? Hehe… intinya, memang mereka pada beda-beda bahas solusinya. Sampe ada yang menyarankan untuk merenkarnasi (install ulang.red) windows. Barangkali karena varian virus ini juga beda-beda. Tapi ane punya cara solutif (dengan catatan, kadar tingkat keimanan kompi/lepi ente masih status siaga; belum parah2 amat), kagak perlu renkarnasi windows segala dah. Ane jadikan satu rangkumannya menjadi beberapa cara berikut ini. Ok, simak dulu gan.

a.       Pertama ente coba download trus jalankan Sality killer punya Kapersky. Setelah itu, biarkan dia memusnahkan seluruh virus blekok yang ada di lepi/kompi ente. (bisa didownload di sini)

b.      Setelah itu, masih dengan antivirus, kali ini coba lokal, pake SMADAV (yang terbaru versi 8.3), silahkan ente musnahkan file-file autorun.inf dari virus ini yang terdeteksi di SMADAV. Scan di seluruh partisi disk. (catatan : kalo ente pake SMADAV-nya di awal sebelum Sality Killer, autorun.inf tidak bisa dihapus)

c.       Ketiga, download lagi sebuah antivirus bule, dr.web, dari situsnya. Jalankan, dan biarkan menghapus sisa-sisa kotoran dari virus blekok ini. (bisa didownload di sini)

d.      Ini yang terakhir, silahkan install antivirus Avast versi terbaru. Biarkan pula doski membumihanguskan jamur-jamur sisa virus blekok ini dengan scan miliknya di seluruh partisi disk. (bisa didownload di sini)

Itu aja sih. Simple. Tapi terbukti berhasil di kompi maupun lepi ane. Semoga aja ente juga. Tapi jangan salahkan ane kalo ente kagak berhasil. Barangkali variannya beda sama yang ane punya gan. Kalo itu, diluar tanggung jawab ane. Hehe… ane bukan ahli kompi soalnya.

2. c0xc0000005 = Corel X5#Avast!

Nah ini juga blekok kedua muncul setelah ane berhasil ngakak-ngakak melihat blekok pertama musnah semua. Ane jadi pengen banting lepi (untungnya ane bukan anak orang kaya, jadi ya kagak tega lah…lepi ane juga…hoho).

Ternyata ane belum merdeka. Ini blekok hadir tepat di saat ane mau menggunakan program most used ane, yaitu Corel Draw X5. Istighfar lagi ah…. Maaf ya agan Corel, ane belum bisa beli ente yang asli, jadi selama ini ane crack ente. Ane tahu ini dosa makanya ane uda istighfar berkali-kali, T_T, sabar ya sampai ane berhasil beli aslinya. Hiks… Mengharukan sekali, kayak telenovela…

Maka dari itu, sehingga agan Corel ngambek, doski dendam kesumat kali sama ane. Karena setiap kali ane buka doski, doski langsung kasih surat terbuka seperti ini di layar desktop :

Ane tentulah bingung tujuh kepalang. Mana kerjaan masih numpuk, doski ngambek kagak mau dibuka. Ane juga uda kasih es krim, lolipop, sampe manisan gulali yang ane beli di alfamart, doski tetep ngambek. Ya uda ane makan sendiri. Ups, hehehe… bercanda…

Ane uda pake aplikasi RegCure untuk menyembuhkan registry tapi kagak mempan gan (secara tuh software kagak bisa di crack, doi kongkalikong sama agan Corel keknya).

Begitulah. Tadinya ane dah mau menyerah, trus inget sama lagunya D’massive, serasa ada yang teriak-teriak di telinga ane (vokalisnya kali)…. “jangan menyerah….jangan menyerah…jangan menyerah ooohhh….”

Hohohohoho…

Kemudian ternyata ane menemukan cara praktis bin ajaib super duper kinclong monyong dah! Pokoknya ajerehe!

Sebenarnya ini cuma penyebab aja sih. Jadi, agan Corel itu kagak suka kalo ane deket-deket sama Avast. Sehingga ane terpaksa uninstall tuh Avast yang baik hati dan tidak sombong karena telah susah payah mendepak virus blekok-blekok itu. Ya uda lah, berhubung ane lebih sayang sama agan Corel (bagaimanapun ane telah ketergantungan dengan doski, maklum namanya juga designer) jadi ane merelakan agan Avast pergi. Tenang… ane uda siapkan makam khusus untuk ente agan Avast, lebih bagus dari Recycle Bin pokoknya…

3.       Office 2007

Baiklah, ternyata malapetaka 2011 memasuki episode ke-3. Dan ane sebagai sutradara menginformasikan bahwa ini adalah babak terakhir dari malapetaka awal tahun 2011. Ane musti ucap istighfar lagi karena sebab yang sama, software bajakaaaaann….!!! Ampun gan, ane tobat dah (tapi biar bisa full tobat musti beli mereka yang asli, duit dari mana? Sekarang belum bisa….T_T). Baiklah, dan yang ngambek berikutnya kali ini adalah agan Ms Office 2007 (usut punya usut, ternyata doski ngambek setelah ane install ulang gan). Jadi ketika ane mau install tuh agan Office’07, doski menyatakan menolak karena sesuatu sebab yang tidak jelas. Ane uda mau pingsan gara-gara ini. Terus terang ane dendam kesumat sama tuh virus blekok yang sembarangan bikin arisan di kompi kantor sama lepi ane. T_T. Kalo doski masih idup aja, ane bakal ajak doski coffee break bentar, habis itu membunuhnya dari belakang. Pasti ini semua peninggalan tuh virus, jadi software2 pada ngambek. Istighfar lagi ah….

Sekarang dengan ucap syukur kepada Sang Khalik, ane berhasil merayu tuh Office’07 agar luluh hatinya. Alhamdulillah berhasil gan! Ternyata persoalannya adalah, tuh Office’07 butuh mahar supaya mau kawin sama kompi kantor. Maharnya bukanlah uangnya Gayus, tapi namanya adalah “fp4autl.dll”. file ini musti ane masukin dulu di C:\Program Files\Common Files\Microsoft Shared\web server extensions\40\bin agar tuh agan Office’07 mau luluh. Alhasil, ane berhasil. Sukses tiada tara! Office’07 pun ready to use again. Hehehe…

Download file “fp4autl.dll” di sini.

Fiuuuhhh….malapetaka awal tahun 2011 pun telah tuntas. Finally, lepi ane dan kompi kantor normal kembali. Agan Corel juga udah mau CS-an sama ane kembali. Hidup jaya Indonesiaku! Semoga bermanfaat untuk ente yang pernah mengalaminya. :)

Barangkali ada yang punya pengalaman sama, bisa tuker sharing…

Regards,

Farhan Hans

January 13th, 2011

http://designrise.wordpress.com/

10 Comments

    • kalo buat lokal, smadav lumayan ampuh, tapi buat virus2 manca, silahkan bisa pake avast update terbaru, cukup bagus. Untuk menangkal malware, bisa gunakan Anti Malware. :)

      Memang biasanya cocok2an sih, menurutku tidak ada yg bisa 100% bagus dan ampuh, karena tiap hari, baik virus maupun antivirus berkembang cukup pesat, :)

      semoga membantu…

      (NB : kalo mau bener2 aman, pake OS Linux aja, dijamin aman nyaman 100%, hehehe…. :D)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s